Sebetulnya Viral Marketing Itu Apa?

Selasa ·

Dalam dunia pemasaran kita mengenal berbagai macam strategi yang di gunakan untuk menjual sebuah produk,, mungkin anda sempat mengenal metode MLM yang beberapa waktu lalu sempat menjadi trend masyarakat namun karena metode ini dianggap sebuah penipuan sehingga saat ini model itu sudah mulai redup. Seiring berkembangnya Teknologi Informasi (intenet) muncul kembali metode baru yakni Viral Marketing yang sebetulnya konsep ini hadir dari adaptasi pemasaran konvensional. Anda mungkin sering menemukan diskon-diskon di pusat pembelanjaan,, hingga 20 %, nah viral juga sedikit mengadaptasi cara tersebut.Mungkin lebih singkatnya metode viral Marketing ini menomor satukan pelanggan.Ada istilah pelanggan adalah Raja.

Beberapa hari yang lalu saya sedikit membaca buku yang mengupas masalah Viral marketing, dari buku tersebut dijelaskan bahwa pemilik produk harus membagikan keuntungan kepada pelangganya, jadi untungnya harus dibagi-bagi kepada pelanggannya sendiri. Memang cukup aneh ketika metode ini diterapkan, karena keuntungan yang kita dapat dari pelanggan harus kita bagi lagi kepada pelanggan. Itulah uniknya sistem ini, sungguh sangat memegang konsep pelanggan adalah raja, dia tidak hanya dapat produk namun juga bisa menikmati keuntungan berupa unag dari produk kita. Sebagaimana awal telah saya jelaskan bahwa metode inihampir mirip mlm dalam membagikan keuntungan, yakni setiap pelanggan yang mampu menawarkan produk kita kepada orang lain maka dia akan memperoleh komisi beberapa persen dari keuntungan.

Dengan sitem ini maka pemilik produk tidak perlu lagi mengeluarkan biaya promosi karena yang akan mempromosikannya adalah pelanggan. Dengan demikian produk kita akan menyebar dengan sangat cepat tampa bisa dikontrol bagai virus. Namun metode ini akan sangat bergantung pada jaringan internet dan juga perangkat-perangkat lain berupa web site. Memang sehrusnya saat ini pemilik produk sudah harus menggunakan internet sebagai metode pemasaran jika tidak maka siap-siaplah anda menuju kebangkrutan.Mungkin saat ini hal itu tidak terlalu urgen tetapi dimasa-masa yang akan datang jika internet tidak anda gunakan dalam strategi pemasaran, maka produk anda akan mati.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengikut

Recent Readers

View My Profile

View My Profile

View My Profile

View My Profile

View My Profile