Menengok 4 Fungsi Kepemimpinan Universal

Minggu ·

Seorang pemimpin akan dimintai pertanggungan jawaban atas kepemimpinannya oleh Allah di akhirat nanti, itulah janji Allah namun saat ini para pemimpimpin tidak mempertimbangkan pertanggung jawaban nanti disisi Allah, ada 4 fungsi kepemimpinan universal yang perlu kita pahami karena setiap kita adalah pemimpin, 4 fungsi kepemimpinan universal sebagai berikut:

1. Fungsi Perintis (pathfinding)
yakni mengungkap bagai mana seorang pemimpin memahami dan memenuhi kebutuhan utama yang dipimpinya. Seorang pemimpin harus memahami dan memenuhi kebutuhan rakyatnya, jadi jika seorang yang mengaku sebagai pemimpin namun pada kenyataannya sering membuat rakyat kecewa maka tidak pantas ia disebut pemimpin.

2. Fungsi Penyelaras (aligning)
Berkaitan dengan bagaimana seorang pemimpin menyelaraskan seluruh sistem dalam suatu organisasi sehingga bisa bekerja dan saling sinergi, dan pemimpin harus tahu betul apa yang ia pimpin agar tercapai visi yang telah di tetapakan.

3. Fungsi Pemberdayaan(Empowering)
Berhubungan dengan pembentukan atau menumbuhkan lingkungan agar setiap orang dalam organisasi mampu melaksanakan yang terbaik dan selalu mempunyai komitmen yang kuat. Seorang pemimpin harus mampu memberdaya orang yang ia pimpin dan memberi tugas tugas yang jelas, serta cara melaksanakan tugas dengan baik harus di berikan oleh seorang pemimpin sehingga tercapai tujuan organisasi yang di pimpinnya.

4. Fungsi Panutan (modeling)

Menjadi seorang panutan adalah salah satu fungsi kepemimpinankarena seorang pemimpin akan selalu di ikuti baik dari perkataan , perbuatan jika perkataan dan perbuatan berbeda maka dia bukan seorang pemimpin yang baik, sebelum memberi aturan kepada bawahan seorang pemimpin lah yang terlebih dahulu melaksanakan. Seorang pemimpin yang pantas jadi panutan itu adalah
seorang yang mempunyai Akhlak yang baik, perkataan harus sesuai perbuatan, taat pada aturan Allah,bijaksana,adil. Inilah pemimpin yang pantas menjadi panutan.

Selesai sudah penjabaran saya mengenai 4 fungsi kepemimpinan unversal, mudah-mudahan bisa kita realisasi saat kita memimpin, minimal memimpin diri kita sendiri.

2 komentar:

ozyys blog mengatakan...
19 Mei 2010 16.04  

sangat inspiratif dan mendidik, memang seperti itu harusnya, menjadikanya semua lebih teratur. sekalian iklan ya mas, ini usaha saya sekarang yang baru lho he he he gpp kan Natural Nusantara

Ello Aristhosiyoga mengatakan...
20 Mei 2010 06.24  

Cukuplah, empat kriteria tadi masuk untuk para pemimpin.

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengikut

Recent Readers

View My Profile

View My Profile

View My Profile

View My Profile

View My Profile